Sabtu, 16 Desember 2017

Kasus dengan Penanganan Complaint

Hallo guys,
Apa kabar.....
Aku harap kalian selalu baik dan sehat

Kali ini aku mau cerita soal beberapa kasus dan cara penanganannya..

1) Kasus dengan pelayanan complaint tidak baik 

Jadi saat temen aku makan disebuah restaurant, temen aku tidak dilayani dengan baik. Seperti :
1) Mulai dari dia masuk tidak disambut,
2) Saat mau memesan makanan ternyata waiter nya gak ada, dan
3) Pesanan terlalu lama datang.

Nah, setelah lama-lama gitu dia tegur seorang waiternya di restaurant tersebut tapi ternyata sih waiter nya bukan minta maaf malah seperti kayak gak suka ditegur. Dari sana waiternya seperti apatis sama sih temen aku ini dan setelah mengantar makanan dia langsung pergi tanpa mengucapkan sepatah atau dua patah obrolan. Oh ya waiternya itu seorang perempuan, lumayan cantik tapi kelihatan galak. Jadi karena seperti itu kami sebagai pelanggan kan jadi risih, gak suka dan sebagainya. Wajar saja kan kalo sebagai pelanggan minta dilayani dengan baik, sopan dan ramah.

2) Kasus dengan pelayanan complaint yang baik

Kalo kasus yang satu ini aku ambil dari seorang yang pernah merasakannya. Yang satu ini juga sama tentang pelayanan di restaurant. Sebut saja si A ( pelanggannya ). Si A dan temannya pernah pergi kesebuah restaurant yang cukup ternama di Indonesia dengan tujuan untuk makan siang ( lunch ) dan sambil berbincang- bincang mengenai bisnis mereka. Sampailah mereka disebuah restaurant tersebut. Pelayanan mereka cukup baik. Si A dan temannya disambut saat memasuki restaurat tersebut dan diantarkan ke meja nya. Setelah itu sih waiter nya menunjukan berbagai menu hidangan yang menjadi favorit di restaurant tersebut dengan sangat anthusias. Si A dan temannya tertarik dan akhirnya memesan menu tersebut. Tak lama kemudian menu tersebut datang. Si A dan temannya mencoba hidangan tersebut. Tapi ternyata ada serangga di hidangan temen nya A. Mereka langsung serentak memanggil waiter dengan nada marah. Waiternya pun datang dan melihat ada serangga di makanan tersebut, meminta maaf dan memanggil managernya. tak lama kemudian managernya datang dan dengan perasaan bersalah dia meminta maaf atas kejadian yang tidak terduga itu. Sebagai gantinya dia mengganti makanan tersebut dengan makanan yang baru serta memberikan discount potongan sebesar 30 %. Walau kesal dengan kejadian tersebut, Si A dan temannya akhirnya menerima permintaan maaf manager restaurant tersebut dan merasa bahwa pelayanan disana cukup ramah.


Nah guys, dari 2 kasus diatas itu semuanya mengenai pelayanan direstaurant. Nah apa sih benefit restaurant dengan pelayanan complaint yang baik ??
1) Pelanggan atau customers itu gak menyesal untuk datang ke restaurant itu.
2) Nah pernah dengar dong omongan mulut ke mulut? coba nih kalo restaurant nya ramah pasti banyak yang bilang, " itu loh restaurant A itu pelayan nya ramah, masakan nya enak dll " pasti orang yang dengar hal tersebut penasaran dong tentunya dan bakalan mau mencoba nya sendiri.
3) Gak akan kehilangan customers
4) Memiliki pelanggan setia
 Dan masih banyak lagi tentunyaa. dampak yang akan timbul itu seperti pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan, gak akan kapok buat datang kesana lagi dan sebagainya.

Jadi sebagai pelayan kita harus tau dengan benar apasih yang diperlukan oleh pelanggan dan dengan cara apasih kita melakukannya. Sekian dari aku dan terima kasih.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar